Gempa bumi berkekuatan 6,4 skala richter (SR) yang melanda Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada hari minggu (29/7) pukul 06.47 WITA, tak hanya menghancurkan ribuan bangunan dan menelan belasan korban jiwa, tetapi juga menyisakan trauma yang mendalam.

Musibah yang terjadi di pagi buta itu telah merenggut 17 korban jiwa, 5.448 unit rumah rusak dan 47.361 jiwa terkena dampak. Tak hanya itu, 10.062 jiwa terpaksa tinggal di tenda-tenda pengungsian, karena rumah mereka hancur rata degan tanah.

Gempa yang begitu dahsyat itu pula membuat duka diseluruh Indonesia termasuk di Ciamis, terlebih Lombok terkenal sebagai negeri 1000 Mesjid sehingga musibah itu turut memanggil saudara-saudara Muslim dipenjuru Indonesia untuk sama-sama peduli dan saling membantu. 

Berangkat dari sebuah kepedulian dan jiwa sosial yg tinggi, maka KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) menggelar aksi Peduli Korban Gempa Lombok, Aksi ini pun bekerjasama dengan beberapa komunitas di Ciamis. 

“Alhamdulillah kita bisa laksanakan aksi peduli ini, dan ini membuktikan bahwa saudara kita disana tidak sendirian, KAMMI siap support”. Ujar Hilmi Aminuddin Koordinator Aksi.

Aksi peduli yang berlangsung di sekitaran Masjid Agung Ciamis dan Alun-alun Ciamis ini Alhamdulillah bisa terkumpul dana 750.000 dalam waktu yang sangat singkat ini.

“Saya dan teman-teman yang turun aksi ini baik dari AVI Ciamis, IRMA Masjid Agung Ciamis dan Kasih Palestina Ciamis mengucapkan terimakasih banyak atas donasi para warga yang dititipkan ke KAMMI, insyaallah Aksi Galang dana ini akan berlanjut sampai tanggal 07 Agustus, dan nanti akan kami salurkan melalui Rumah KAMMI Peduli NTB sebagai salah satu LSO (Lembaga Semi Otonom) yang ada di KAMMI.” Pungkasnya

Saya berharap semoga dana ini terus bertambah dan KAMMI mengajak masyarakat untuk peduli pada sesama. Insyaallah ikhtiar kecil kita berarti besar untuk mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here